Kamis, 14 Maret 2013

Sistem Nilai Keluarga


SISTEM NILAI KELUARGA

v  Sebagai pw kesehatan yg profesional kita harus mpy kecenderungan untuk mendiagnosa suatu keluarga sebagai suatu sasaran penyakit ketika mereka menyimpang dari budaya nilai & norma kebanyakan orang.
v  Sistem nilai akan membantu kita menentukan intervensi keperawatan thd suatu keluarga ( prioritas dlm keluarga )

DEFINISI
Þ Nilai adl   seperangkat keyakinan ttg cara yg spesifik dlm tingkah laku ( perbuatan / perkataan ). ( Rokeach, 1973 )
Þ Niali Keluarga adl sebagai suatu sistem dari ide2 sikap & kepercayaan ttg sesuatu yg berharga dari kesatuan / konsep ttg kesadaran & ketidaksadaran yg mengikat kebersamaan anggota2 keluarga
v  Suatu keluarga sangat jarang berprilaku berdasarkan nilai2 yg konsisten karena :
§  Perkembangan nilai yg pesat dlm keluarga seiring dg waktu & situasi dlm masy
§  Persaingan antara nilai2 yg ada di masy ( perpaduan dari kebutuhan keluarga dg kebutuhan pribadi )
Þ nilai2 tertentu terkadang mpy prioritas yg lebih besar / potensi yg lebih dari nilai yg lain dikala keluarga memberikan ketegasan ttg nilai tsb.
Þ nilai2 itu bisa dipelajari yg berasal dari klg dmn hal itu mrp dasar perpindahan dari masy dari satu generasi ke generasi berikutnya.
      Klg kadang2 tidak menyadari akan nilai2 yg ada pd klgnya, praktek yg dilakukannya dilihat semata2 hanya sebuah kewajiban yg tdk asing lagi.
Þ  dalam klg, nilai2 yg menyimpang akan di kontrol oleh klg ® klg dikatakan penting


PERBEDAAN DALAM SISTEM NILAI
v  Perbedaan sistem nilai kebanyakan dikarenakan peristiwa di klg & masy spt perbedaan lapangan sosial. Taraf hidup ( kaya / miskin ), sifat2 seseorang ( konsumtif / materialistik ). ( Samuelson, 1986 )
v  Perbedaan sistem nilai juga ada pd masy yg tradisional & modern serta hasil dari modifikasi dari nilai keduanya.
Sistem nilai klg adl suatu gagasan yg mjd pengaruh yg sangat besar bagi nilai inti masy & juga nilai cabang dari kebudayaan klg & kelompok lain.

ORIENTASI NILAI UTAMA
v  Nilai2 dpt dilihat scr langsung, dari pengamatan dan penilaian thd struktur klg, fx & penguasaan karena dimensi ini dipengaruhi kuat oleh nilai2 dasar yg dipegang olehy anggota klg. Pada saat nilai2 & kepercayaan klg teridentifikasi. Informasi ini menolong klg utk memahami lebih baik alasan2 pola tingkah laku dlm klg.
v  Jika seseorang akrab dg nilai2 Grup Etnik tertentu, maka proses perbandingan dg menggunakan kelompok kebudayaan klg yg berhubungan sbg basis perbandingan.

PENILAIAN NILAI – NILAI KELUARGA
v  Identifikasi nilai2 & kepercayaan klg & anggota klg “Adakah perbedaan & ketidakserasian nilai2 diantara anggota klg ?”
v  Perkirakan nilai2 yg utama bagi klg / individu dlm klg
v  Perkirakan tingkat pemenuhan & penghargaan sebuah klg yg diperoleh dari kelompok / masy.
v  Pada klg yg mpy orientasi nilai yg individualis bimbingan dpt lebih dipusatkan pd setiap anggota klg utk orang2 yg tingkat emosional tinggi maka kita harus hati2 dlm mengklarifikasi nilai2 dlm klg.
v  Perbedaan dlm nilai2 dpt dilihat pd :
1.    generasi muda
2.    generasi ‘aku’ / sekarang
3.    generasi yg lebih tua

PERUBAHAN NILAI – NILAI KELUARGA
Perubahan itu adl dipandang sbg kemajuan. ( Stewart & Bennet, 1991 )
v  nilai2 dlm perubahan klg dibentuk sbg bukti2 yg berkembang luas dlm klg permeabel
( lebih terbuka, tdk tegang, fleksibel )
v  faktor2 yg mph perubahan nilai klg
faktor penting yg berpengaruh besar spt kelas sosial & etnik, perubahan yg lain spt perbedaan generasi, lokasi geografi
§  kelas sosial ( sosial ekonomi )
status sosial ekonomi klg membentuk gaya hidup klg tsb selain itu juga pembentukan nilai kekuatan dari klg ( shg ada kecenderungan bhw masa depan ditentukan oleh orang2 yg berasal dari kalangan menengah ke atas )
§  etnik klg
suatu klg dibentuk dari beberapa kebudayaan shg bermacam2 nilai yg bergabung dlm satu klg


§  lokasi geografi
kediaman suatu klg juga bermain membentuk dlm nilai / norma klg tsb nilai2 yg di masy pasti menimbulkan pengaruh thd suatu klg.
§  Perbedaan generasi
Perubahan yg mph nilai klg adl generasi anggota klg ( anggota klg yg baru akan membuat perubahan nilai klgnya di masa yg akan datang, hanya sedikit nilai yg dibawa dari klg dahulu )

KONFLIK – KONFLIK NILAI
v  Konflik utama dlm masy adl disebabkan oleh perubahan sosial. Sumber lain dari konflik adl pertentangan diantara nilai2 dominan culture yg ada di masy dg nilai culture klg.
v  Stres dlm masy / stress yg dihadapi oleh klg dpt menimbulkan konflik pd sistem sebuah klg.
v  Regenerasi juga dpt menimbulkan konflik ® mana nilai2 yg lebih dominan dari generasi tertentu itulah yg akan menang.

Cleveland & Longaker ( 1972 )
“ konflik nilai mpy efek mengacaukan kebudayaan klg “

Menurutnya msl anggota klg dibagi mjd 2 fx / macam :
·         Pertentangan nilai diantara klg sehat & klg asli yg berulang
·         Penghinaan kultur ® membuat kerusakan hubungan individu utk menyelesaikan msl perkembangan dlm klg.


KLASIFIKASI NILAI
Adl teknik / proses yg digunakan klg utk meningkatkan penghargaan klg mengenai prioritas nilai
® klarifikasi membantu seseorang utk berfikir ttg kritis ttg nilai2 tertentu

Kirscher baum ( 1977 )
Adl cara yg mengunakan tanya jawab & aktifitas yg teratur utk mengajari mengenai proses penilaian.

Seorang pw ® utk promosi kes maka ia hrs membantu kx dlm menentukan nilai2 yg ada pd kx tsb.
      

Tidak ada komentar:

Posting Komentar