SISTEM NILAI KELUARGA
v
Sebagai pw kesehatan yg profesional kita harus mpy kecenderungan
untuk mendiagnosa suatu keluarga sebagai suatu sasaran penyakit ketika mereka
menyimpang dari budaya nilai & norma kebanyakan orang.
v
Sistem nilai akan membantu kita menentukan intervensi keperawatan
thd suatu keluarga ( prioritas dlm keluarga )
DEFINISI
Þ Nilai adl seperangkat keyakinan
ttg cara yg spesifik dlm tingkah laku ( perbuatan / perkataan ). ( Rokeach, 1973 )
Þ Niali Keluarga adl sebagai suatu sistem dari ide2 sikap & kepercayaan ttg
sesuatu yg berharga dari kesatuan / konsep ttg kesadaran & ketidaksadaran
yg mengikat kebersamaan anggota2 keluarga
v
Suatu keluarga sangat jarang berprilaku berdasarkan nilai2 yg
konsisten karena :
§
Perkembangan nilai yg pesat dlm keluarga seiring dg waktu &
situasi dlm masy
§
Persaingan antara nilai2 yg ada di masy ( perpaduan dari kebutuhan
keluarga dg kebutuhan pribadi )
Þ nilai2 tertentu terkadang mpy prioritas yg lebih
besar / potensi yg lebih dari nilai yg lain dikala keluarga memberikan
ketegasan ttg nilai tsb.
Þ nilai2 itu bisa dipelajari yg berasal dari klg
dmn hal itu mrp dasar perpindahan dari masy dari satu generasi ke generasi
berikutnya.
Klg
kadang2 tidak menyadari akan nilai2 yg ada pd klgnya, praktek yg dilakukannya
dilihat semata2 hanya sebuah kewajiban yg tdk asing lagi.
Þ dalam klg,
nilai2 yg menyimpang akan di kontrol oleh klg ® klg dikatakan penting
PERBEDAAN DALAM
SISTEM NILAI
v Perbedaan sistem nilai
kebanyakan dikarenakan peristiwa di klg & masy spt perbedaan lapangan
sosial. Taraf hidup ( kaya / miskin ), sifat2 seseorang ( konsumtif /
materialistik ). ( Samuelson, 1986 )
v Perbedaan sistem nilai juga ada
pd masy yg tradisional & modern serta hasil dari modifikasi dari nilai
keduanya.
Sistem nilai klg adl suatu
gagasan yg mjd pengaruh yg sangat besar bagi nilai inti masy & juga nilai
cabang dari kebudayaan klg & kelompok lain.
ORIENTASI
NILAI UTAMA
v Nilai2 dpt dilihat scr
langsung, dari pengamatan dan penilaian thd struktur klg, fx & penguasaan
karena dimensi ini dipengaruhi kuat oleh nilai2 dasar yg dipegang olehy anggota
klg. Pada saat nilai2 & kepercayaan klg teridentifikasi. Informasi ini
menolong klg utk memahami lebih baik alasan2 pola tingkah laku dlm klg.
v Jika seseorang akrab dg nilai2
Grup Etnik tertentu, maka proses perbandingan dg menggunakan kelompok
kebudayaan klg yg berhubungan sbg basis perbandingan.
PENILAIAN NILAI – NILAI KELUARGA
v Identifikasi nilai2 &
kepercayaan klg & anggota klg “Adakah perbedaan & ketidakserasian nilai2
diantara anggota klg ?”
v Perkirakan nilai2 yg utama bagi
klg / individu dlm klg
v Perkirakan tingkat pemenuhan
& penghargaan sebuah klg yg diperoleh dari kelompok / masy.
v Pada klg yg mpy orientasi nilai
yg individualis bimbingan dpt lebih dipusatkan pd setiap anggota klg utk orang2
yg tingkat emosional tinggi maka kita harus hati2 dlm mengklarifikasi nilai2
dlm klg.
v Perbedaan dlm nilai2 dpt
dilihat pd :
1. generasi muda
2. generasi ‘aku’ / sekarang
3. generasi yg lebih tua
PERUBAHAN
NILAI – NILAI KELUARGA
Perubahan itu adl
dipandang sbg kemajuan. ( Stewart & Bennet, 1991 )
v nilai2 dlm perubahan klg
dibentuk sbg bukti2 yg berkembang luas dlm klg permeabel
( lebih terbuka, tdk tegang,
fleksibel )
v faktor2 yg mph perubahan nilai
klg
faktor penting yg berpengaruh
besar spt kelas sosial & etnik, perubahan yg lain spt perbedaan generasi,
lokasi geografi
§
kelas sosial ( sosial ekonomi )
status sosial
ekonomi klg membentuk gaya hidup klg tsb selain itu juga pembentukan nilai
kekuatan dari klg ( shg ada kecenderungan bhw masa depan ditentukan oleh orang2
yg berasal dari kalangan menengah ke atas )
§
etnik klg
suatu klg
dibentuk dari beberapa kebudayaan shg bermacam2 nilai yg bergabung dlm satu klg
§
lokasi geografi
kediaman suatu
klg juga bermain membentuk dlm nilai / norma klg tsb nilai2 yg di masy pasti
menimbulkan pengaruh thd suatu klg.
§
Perbedaan generasi
Perubahan yg mph
nilai klg adl generasi anggota klg ( anggota klg yg baru akan membuat perubahan
nilai klgnya di masa yg akan datang, hanya sedikit nilai yg dibawa dari klg
dahulu )
KONFLIK – KONFLIK NILAI
v Konflik utama dlm masy adl
disebabkan oleh perubahan sosial. Sumber lain dari konflik adl pertentangan
diantara nilai2 dominan culture yg ada di masy dg nilai culture klg.
v Stres dlm masy / stress yg
dihadapi oleh klg dpt menimbulkan konflik pd sistem sebuah klg.
v Regenerasi juga dpt menimbulkan
konflik ® mana nilai2 yg lebih dominan
dari generasi tertentu itulah yg akan menang.
Cleveland &
Longaker ( 1972 )
“ konflik nilai mpy efek
mengacaukan kebudayaan klg “
Menurutnya msl anggota klg
dibagi mjd 2 fx / macam :
·
Pertentangan
nilai diantara klg sehat & klg asli yg berulang
·
Penghinaan
kultur ® membuat kerusakan hubungan
individu utk menyelesaikan msl perkembangan dlm klg.
KLASIFIKASI
NILAI
Adl teknik /
proses yg digunakan klg utk meningkatkan penghargaan klg mengenai prioritas
nilai
® klarifikasi membantu seseorang
utk berfikir ttg kritis ttg nilai2 tertentu
Kirscher
baum ( 1977 )
Adl cara yg
mengunakan tanya jawab & aktifitas yg teratur utk mengajari mengenai proses
penilaian.
Seorang pw ® utk promosi kes maka ia hrs
membantu kx dlm menentukan nilai2 yg ada pd kx tsb.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar